Cara Memilih Deck Drain yang Tepat Untuk Jalan Tol

Cara Memilih Deck Drain yang Tepat Untuk Jalan Tol

Deck drain memiliki peran yang sangat penting dalam kelancaran sistem drainase jalan tol, flyover, maupun jembatan. Kebutuhan akan deck drain drainase ini kian meningkat seiring dengan gencarnya pembangunan infrastruktur tersebut. Berawal dari hal itu pula, membuat para produsen deck drain bertambah banyak. Sehingga pilihan deck drain yang ada di pasaran juga semakin beragam. 

Oleh karenanya, dalam memilih dan menentukan deck drain yang tepat untuk proyek, sudah semestinya selain memperhatikan banyak aspek di lapangan juga harus mempertimbangkan vendornya. Pada artikel kali ini, kami akan sajikan penjelasan cara memilih deck drain untuk jalan tol berikut bisa membantu Anda dalam mendapatkan deck drain yang tepat bersama vendor yang tepat

Tentukan bentuk deck drain sesuai model konstruksi

Pertama, Anda harus memperhatikan model konstruksi sistem drainase/ jalur pipa jalan tol itu sendiri. Hal ini bertujuan untuk membantu menentukan bentuk deck drain apa yang tepat. Apakah memerlukan deck drain standar/ bentuk pipa lurus atau deck drain leher angsa/ bentuk pipa sedikit melengkung. Apabila model konstruksi mengharuskan penempatan deck drain yang terlalu mepet atau bersinggungan langsung dengan parapet/ bahu jalan maka Anda bisa memilih bentuk deck drain leher angsa. 

Sesuaikan ukuran deck drain dengan debit air

Deck drain memiliki standar ukuran yang beragam, mulai dari kecil, medium, hingga besar. Setiap jalan tol/ fly over/ jembatan pasti mempunyai bentangan serta ruas jalan yang berbeda. Semakin lebih besar dan luas, maka semakin banyak pula debit air yang harus segera dialirkan ke saluran drainase. Untuk itu, Anda harus menentukan ukuran debut deck drain sesuai dengan debit air tersebut. Agar lebih optimal dalam pengaliran air ke pipa-pipa pembuangan. 

Pilih deck drain dengan pengaman khusus

Sebagai penunjang keamanan supaya deck drain tetap pada tempatnya serta menghindari kehilangan, sebaiknya pilih deck drain yang dilengkapi dengan fitur keamanan. Fitur keamanan pada deck drain ini bisa berupa pengaman ganda rantai maupun pengaman bor tap. Meski hal ini berpengaruh pada biaya pengadaan, namun adanya fitur pengaman ini dirasa cukup efektif sebagai bentuk antisipasi terhadap perilaku oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Itulah sedikit penjelasan tentang tips dan cara memilih deck drain yang tepat untuk proyek jalan tol, fly over, maupun jembatan. Apabila kebetulan Anda memiliki kebutuhan akan komponen deck drain ini, kami siap menjadi partner terbaik bagi Anda. Kami pun sangat terbuka dalam diskusi dan konsultasi bahkan survey langsung ke lapangan untuk membantu Anda merencanakan pengadaan deck drain yang paling tepat. Hubungi kami sekarang juga di 081393006025 untuk info selengkapnya!

mobile-navHomemobile-navKatalogmobile-navBrosurmobile-navBantuanmobile-navChat