Jalan Tol Unik di Indonesia, Terpanjang, Terpendek Sampai Terindah

Jalan Tol Unik di Indonesia, Terpanjang, Terpendek Sampai Terindah

Jalan tol atau yang sering disebut dengan jalan bebas hambatan merupakan salah satu jaringan jalan nasional yang sangat berguna dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Tanpa adanya jalan tol, biaya perjalanan/ pengangkutan menjadi besar karena tipikal kondisi geografi Indonesia yang mempunyai daratan yang panjang. Dengan demikian, tidak dapat dielakkan lagi untuk mencapai tujuan pembangunan ekonomi diperlukan ketersediaan sarana jalan tol ini. Selain itu, pembangunan jalan tol juga merupakan upaya pemerataan hasil pembangunan yang menciptakan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Oleh karenanya, sebagai negara berkembang pemerintah Indonesia membangun jalan tol dari masa ke masa. Dari banyaknya jalan tol yang telah dibangun pemerintah Indonesia, dapat ditemui beberapa jalan tol yang mencerminkan keunikan. Mulai dari yang jalan tol dengan rute terpanjang dan terpendek, hingga jalan tol yang memiliki nilai keindahan. Apa saja jalan tol paling unik di Indonesia?  

3 jalan tol terpanjang di Indonesia

  • Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Terpeka

Jalan Tol Terpeka (Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung) menjadi tol terpanjang yang pernah diresmikan di Indonesia saat ini. Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada bulan November 2019, jalan tol Terpeka terbentang sepanjang 189 km. Membentang di dua provinsi, yaitu Lampung dan Sumatera Selatan.

  • Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Bakter

Masih menjadi bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatera, Jalan Tol Bakter atau ruas Bakauheni-Terbanggi Besar menjadi tol terpanjang kedua di Indonesia. Jalan tol ini terbentang sepanjang 140 km, dengan rute Pelabuhan Bakauheni (Kabupaten Lampung Selatan) hingga Terbanggi Besar (Kabupaten Lampung Tengah).

  • Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Permai

Tol Trans Sumatera Permai (Pekanbaru-Dumai) merupakan jalan tol terpanjang ketiga di Indonesia. Diresmikan secara virtual pada September 2020, Jalan Tol Permai memiliki panjang 131 km. Dengan melewati tol ini, jarak dari Pekanbaru ke Dumai dapat ditempuh hanya dalam waktu sekitar 1,5 jam. Sedangkan tanpa Tol Permai, jarak tempuh bisa memakan waktu hingga sekitar 4-5 jam.

Dan ini jalan tol terpendek di Indonesia

Selama ini kebanyakan orang mungkin hanya memberi perhatian pada pembangunan tol yang memiliki rute panjangnya mencapai ratusan kilometer. Padahal, terdapat pula ruas tol terpendek dengan panjang rute hanya beberapa kilometer saja. Berikut sejumlah ruas jalan tol terpendek itu:

  • Jalan Tol Cijago 

Jalan Tol Cijago atau Cinere-Jagorawi seksi I menjadi ruas tol terpendek di Indonesia, panjangnya hanya 3,5 km. Diresmikan pada 27 Januari 2012, jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2. Dan selanjutnya pada September 2019, Tol Cijago Seksi II yang menghubungkan Raya Bogor-Kukusan mulai beroperasi. Jalan tol Cijago seksi II ini juga tidak terlalu panjang yaitu hanya sekitar 5,5 km.

  • Jalan Tol Desari

Tol Desari atau Depok Antasari merupakan tol penghubung Jakarta dengan Depok. Jalan Tol Desari Seksi 1 yang diresmikan pada September 2018 memiliki panjang 5,8 km. Lalu kemudian pada Juli 2020 Seksi 2 jalan tol ini resmi beroperasi.

Terakhir, ini dia tol dengan panorama terindah di Indonesia

Jika Anda melakukan perjalanan darat dan melalui jalan tol berikut jangan sampai Anda tertidur karena jalan tol ini menyuguhkan panorama indah yang mengagumkan:

  • Jalan Tol Bawen, Salatiga

Ketika perjalanan menuju kota Salatiga melalui jalan tol Bawen Anda dapat melihat indahnya Gunung Merbabu dalam jarak cukup dekat dan jelas. Selain itu, panorama sekitarnya pun juga sangat hijau, asri dan menyegarkan. Saking indahnya pemandangan, tol ini mendapatkan julukan sebagai panoramic tol road yang tak kalah dengan jalur pegunungan ala luar negeri.

  • Jalan Tol Mapan (Pandaan-Malang)

Jalan Tol Mapan terbentang sepanjang sekitar 38 km menghubungkan daerah Pandaan, Kabupaten Pasuruan dengan Kota Malang, Jawa Timur. Tol ini baru beroperasi penuh pada tahun 2020 juga memiliki pemandangan yang sangat mengagumkan. Anda dapat menikmati indahnya sawah dan deretan pegunungan yang terbentang luas sepanjang jalan.

  • Jalan Tol Bali Mandara

Sebagai jalan tol pertama di Bali, Tol Bali Mandara yang menghubungkan Nusa Dua, Bandara Ngurah Rai, dan Benoa ini terbilang sangat unik. Sebab sebagian besar jalannya berada di atas laut. Sehingga tak heran jika tol Bali Mandara terkenal sangat indah dengan sensasi berkendara di atas laut. 

  • Jalan Tol Suramadu, Jawa Timur

Tol Suramadu yang menghubungkan Surabaya dengan Madura memiliki panjang sekitar 5,4 km yang membentang luas di tengah perairan Selat Madura. Anda bisa menikmati indahnya pemandangan alam dari ketinggian di atas perairan. Terlebih apabila Anda melewati tol ini pada sore hari, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan sunset. Tidak hanya itu, pada malam hari pun terdapat kelap-kelip lampu yang begitu indah menghiasi jembatan tol Suramadu.

Itulah kumpulan jalan tol paling unik di Indonesia. Menarik bukan? Sebagai penutup. Kami ingin menginformasi bahwa dalam hal ini, kami berperan sebagai perusahaan pengecoran logam yang turut berpartisipasi dalam menyukseskan berbagai proyek jalan to. Khususnya pada sistem drainase jalan tol itu sendiri. Kami memproduksi komponen deck drain tol yang berfungsi untuk menangkap air di permukaan jalan tol dan mengalirkannya ke saluran pembuangan. 

Dengan sistem drainase yang optimal dan deck drain yang berkualitas, genangan air yang dapat merusak konstruksi jalan tol serta membahayakan pengendara dapat terminimalisir dengan baik. Untuk info selengkapnya mengenai pengadaan deck drain besi cor untuk proyek jalan tol, segera hubungi deckdraintoll.com untuk mendiskusikan!

mobile-navHomemobile-navKatalogmobile-navBrosurmobile-navBantuanmobile-navChat