Jenis-jenis Deck Drain Cast Iron untuk Drainase Jalan Tol

Jenis-jenis Deck Drain Cast Iron untuk Drainase Jalan Tol

Pada proyek jalan tol, fly over (jalan layang), dan jembatan tidak dapat terlepas dari pemasangan sebuah komponen yang bernama deck drain. Apa itu deck drain? Deck drain adalah salah satu komponen sistem drainase pada jalan tol, flyover, dan jembatan. Umumnya terpasang pada bagian samping dekat bahu jalan. Deck drain memiliki fungsi penting untuk menangkap dan mengalirkan air dari permukaan jalan ke saluran pembuangan melalui pipa yang terpasang.

Keberadaan deck drain membuat air hujan dapat segera dialirkan ke saluran pembuangan dengan cepat sehingga genangan air berlebih/ banjir di permukaan jalan dapat berkurang. Deck drain sendiri terbuat dari material besi cor dengan proses pengecoran logam. 

Seperti apa bentuk deck drain ini?

Sebagai penangkap air permukaan dan penyalur ke saluran pembuangan, bentuk deck drain memiliki 2 bagian utama. Yaitu pada bagian atasnya (body) berbentuk kotak dengan desain berlubang yang menjadi tempat resapan air. Dan bagian bawahnya (leher) berbentuk pipa yang nantinya tersambung ke pipa pembuangan untuk mengalirkan air ke saluran pembuangan utama. 

Jenis-jenis deck drain berdasarkan bentuknya

Struktur konstruksi sistem drainase pada proyek dapat mempengaruhi adanya perbedaan bentuk deck drain. Berikut beberapa bentuk deck drain tersebut:

  • Deck drain tipe standar (leher lurus). Jenis deck drain yang pertama yaitu deck drain standar. Deck drain jenis ini memiliki bentuk pipa atau leher yang lurus.
  • Deck drain tipe leher angsa. Memiliki bentuk pipa yang sedikit melengkung menyerupai leher angsa. Jenis pipa leher angsa biasanya digunakan ketika body deck drain terlalu mepet atau bersinggungan langsung dengan parapet/ bahu jalan.

Jenis deck drain berdasarkan ukurannya

Ukuran deck drain yang digunakan dalam proyek jalan tol, flyover dan jembatan cukup beragam. Mulai dari ukuran kecil, medium, dan standar. Tentunya ukuran yang digunakan harus disesuaikan dengan debit air. Jika debit besar maka menggunakan ukuran standar, sedangkan untuk debit kecil menggunakan ukuran medium.

Produsen deck drain custom sesuai kebutuhan

Itulah sedikit penjelasan mengenai jenis-jenis deck drain untuk drainase jalan tol, flyover, dan jembatan. Selanjutnya apabila Anda membutuhkan komponen drainase ini, Anda bisa memesannya di tempat kami. Kami memproduksi berbagai bentuk dan ukuran deck drain yang sesuai dengan kebutuhan proyek Anda. 

Selain itu, kami juga dapat menyediakan pilihan jenis deck drain berdasarkan jenis elemen pengamannya. Yaitu deck dengan pengaman rantai atau pengaman bor tap. Untuk info lebih detail, konsultasi dan pemesanan silahkan hubungi kami sekarang juga di nomor WhatsApp 0813-9300-6025

mobile-navHomemobile-navKatalogmobile-navBrosurmobile-navBantuanmobile-navChat