Apa Sih Bedanya Besi Cor Dan Baja Cor

perbedaan antara baja dan besi

besi dan baja merupakan jenis logam yang serupa namun bisa dikatakan beda atau tak sama.


Hello sobat logam, how’s life? I hope it’s good ya. Tetap perketat protokol kesehatan dan jaga imunitas tubuh ya sobat logam. Perang kita semua melawan corona belum selesai, jangan sampai lengah ya. Anyway, kali ini mimin mau ngajak sobat logam membahas tentang perbedaan Besi dan Baja. Simak sampai habis yuk!

Besi dan baja sama-sama digunakan sebagai bahan material komponen drainase. Bahan material besi digunakan untuk bahan produksi Deck drain dan berbagai jenis drain yang lain. Sedangkan baja untuk pembuatan Manhole Cover. Tapi sebelum itu, mungkin disini ada sobat logam yang masih “newbie” atau baru bergabung. Nah biar paham, mimin kasih sedikit penjelasan tentang Deck drain dan Manhole Cover.

Deck drain merupakan alat pendukung sistem drainase yang berbentuk seperti box dengan grill atau saringan di permukaanya. Alat ini berfungsi untuk mengalirkan air dari permukaan jalan menuju ke saluran pembuangan.

Nah kalau Manhole Cover juga merupakan komponen pendukung sistem drainase. Namun berbeda dengan Deck drain, Manhole Cover ini berfungsi sebagai penutup gorong-gorong atau saluran air bawah tanah. Dengan adanya Manhole Cover, maka memudahkan petugas untuk membersihkan gorong-gorong.

Back to main topic ya guys, jadi komponen drainase ini kebanyakan terbuat dari besi dan baja. Meski hampir terlihat sama, namun kedua bahan material ini memiliki perbedaan lho guys. Berikut perbedaan antara Besi dan Baja.

Besi

Besi merupakan bahan material yang sudah tersedia secara alami di alam. Namun unsur besi tidak bisa ditemui secara langsung di alam, besi akan bercampur dengan berbagai unsur lain. Bahan material sejenis logam ini terbuat dari unsur ferrum atau Fe. Besi memiliki tingkat elastisitas yang tinggi namun cenderung mudah berkarat.

Material jenis ini dapat digunakan untuk produksi perangkat dan peralatan kendaraan hingga perlengkapan rumah tangga seperti floor drain, roof drain dan lain-lain.

Baja

Berbeda dengan besi, material baja tidak tersedia di alam. Baja terbuat dari unsur besi dan karbon. Karakteristik baja yaitu lebih kaku dan mengandung karbon yang membuatnya memiliki tingkat kekerasan dan daya tarik yang lebih baik. Baja memiliki kekuatan yang lebih baik daripada besi.

Material besi digunakan untuk produksi rel kereta api, pembangunan jembatan, hingga alat pendukung drainase seperti Manhole, Grill, dan lain-lain.

Jadi sudah paham ‘kan bedanya Besi dan Baja?. Deckdraintoll.com juga menggunakan kedua bahan material tersebut untuk pembuatan komponen drainase. Kami selalu memilih bahan material yang berkualitas untuk menjaga mutu dan kelayakan produk.

Bagi sobat logam bisa menghubungi tim Deckdraintoll.com untuk pengadaan komponen drainase seperti drain, manhole, grill dan lain-lain. Kalian juga bisa custom ukuran hingga warnanya lho, dan itu free service dari kami.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi kontak di bawah ini yaa, see you!

CONTACT

Batur Baru, Tegalrejo, Ceper, Klaten 57465

T : (0272) 551 480 P : 0813 9300 6025

E : marketing@deckdraintoll.com

mobile-navHomemobile-navKatalogmobile-navBrosurmobile-navBantuanmobile-navChat