Ini Dia Tugas Handhole Pada Tatanan Sistem Drainase

handhole

handhole merupakan varian manhole berukuran mini yang berfungsi sebagai penutup lubang saluran.


Hai hai sobat logam. How’s your day? Bad or Good? I hope it’s good day ya. Semoga sobat logam selalu sehat dan selalu happy. Lagi ngapain nih sobat logam? If you guys are free, let’s read the article below. Sobat logam pernah dengar istilah handhole? Gimana bentuknya? Apa kegunaannya?. Penasaran ‘kan?. Makanya baca artikelnya sampai habis ya.

Curah hujan yang tinggi memang banyak menyebabkan problem ya sobat logam. Salah satu masalah yang timbul yaitu munculnya genangan air di permukaan jalan. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi terjadinya banjir seperti pembuangan sampah ke sungai, tidak adanya saluran pembuangan air dan lain-lain.

Sistem drainase merupakan serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan membuang kelebihan air dari suatu lahan atau kawasan sehingga lahan tersebut dapat difungsikan secara optimal. Air yang menggenang di jalan dapat menyebabkan kerusakan jalan sehingga jalan menjadi berlubang.  Hal itu dapat membahayakan pengguna jalan dan dapat menjadi wilayah yang rawan kecelakaan.

Guna meminimalisir genangan di permukaan jalan, perlu adanya perbaikan tatanan sistem drainase. Mulai dari analisis wilayah, analisis kapasitas saluran drainase, perencanaan sumur resapan, analisis biaya hingga pengadaan alat drainase. Salah satu alat yang digunakan dalam pembangunan drainase yaitu Handhole.

Handhole merupakan salah satu komponen pendukung sistem tata drainase yang digunakan di permukaan jalan. Bentuk handhole seperti gabungan dari grill dan manhole namun ukurannya jauh lebih kecil dari grill dan manhole sehingga tidak bisa dimasuki tubuh manusia. Handhole terbuat dari baja coran agar handhole kuat dan mampu menopang beban.

Tugas Handhole

Handhole bertugas untuk menutup lubang sekaligus sebagai akses aliran air menuju saluran pembuangan air. Saluran bawah tanah berskala kecil tidak cocok menggunakan manhole karena ukurannya yang terlalu besar. Kebutuhan drainase skala kecil biasanya sedikit lebih kompleks karena saling terhubung dengan area yang sulit dibangun gorong-gorong.

Handhole mampu membantu mencegah erosi tanah serta kerusakan bangunan yang ada disekitarnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa handhole memiliki peran yang sangat penting dalam tata sistem drainase. Nah sudah paham ‘kan sobat logam apa itu Handhole beserta fungsinya.

Sobat logam bisa mendapatkan produk Handhole dengan kualitas terbaik di Deckdraintoll.com. Kami menggunakan material besi cor pilihan serta melakukan uji ketahanan produk, sehingga sudah terjamin kualitasnya. Sobat logam bisa kok custom produknya mulai dari bentuk hingga penambahan logo atau gambar. Yuk segera hubungi tim Deckdraintoll.com dan sampai bertemu di workshop!

CONTACT

Batur Baru, Tegalrejo, Ceper, Klaten 57465

Telp. : (0272) 551 480 Phone : 0813 9300 6025

Email : marketing@deckdraintoll.com

mobile-navHomemobile-navKatalogmobile-navBrosurmobile-navBantuanmobile-navChat