Pembuatan Matras Deckdrain dengan Mesin CNC

Deckdraintoll

Matras merupakan pola yang digunakan sebagai acuan cetak dalam pengecoran logam.


Hai hai sobat logam, gimana kabarnya? Semoga sobat logam selalu dalam keadaan baik-baik saja dan sehat yaa. Stay happy sobat logam. Okay, kali ini mimin balik lagi dengan informasi baru dan siap menambah wawasan kalian. Artikel kali ini akan membahas tentang pembuatan matras. Tapi bukan matras yang buat olahraga ya guys. Pokoknya, simak terus artikelnya sampai habis.

Sebelum melakukan proses produksi deckdrain custom, di perlukan trial pre produksi salah satunya adalah pembuatan matras. Matras merupakan pola yang di gunakan sebagai acuan cetak dalam pengecoran logam. Pembuatan matras merupakan hal wajib yang harus di lakukan. Hal ini di karenakan agar hasil dari produknya presisi dan minim kerusakan.

Pembuatan matras di lakukan menggunakan mesin CNC Router tipe 4 Axis dengan size 120 cm x 120 cm. Mesin ini di kendalikan dengan kode angka dan huruf secara otomatis menjalankan operasi pemesinan menurut perintah menurut yang tersusun dalam kode-kode tersebut. Namun sebelum ke mesin CNC, pattern atau pola harus di drawing terlebih dahulu menggunakan software Corel Draw atau Solidwork Premium.

Proses drawing berguna untuk penentuan ukuran parsial dari matras apabila matras memiliki ukuran yang besar. Selain itu, kita dapat melihat notasi lainnya seperti material spesifikasi matras. Setelah proses drawing selesai di lanjutkan ke software Vetric Aspire agar bisa di baca dan di ikuti instruknya oleh mesin CNC.

Papan MDF atau Medium Density Fiber adalah papan kayu yang di gunakan untuk membuat furniture, namun dapat juga di gunakan sebagai bahan utama matras. Teksturnya yang tidak terlalu keras serta ketebalannya lebih presisi. Harga dari papan MDF juga terjangkau jadi sangat cocok untuk di jadikan sebagai bahan matras pada perusahaan manufaktur karena dapat menekan biaya produksi.

Pisau bor CNC menjadi alat yang di gunakan untuk mengukir pola di atas papan MDF. Pisau atau mata bor pada sebuah mesin CNC memiliki 2 jenis yakni End mill dan Ball nose. End mill di gunakan untuk pemotongan dasar yang rata dan untuk memotong bahan di satu sisi serta di ujungnya. Sedangkan Ball nose memiliki ujung pemotong jenis hemispherical. Jenis ini ideal untuk di gunakan sebagai pembentuk pola 3 dimensi berkontur.

Setelah pattern jadi, sisa-sisa bubuk MDF di bersihkan dengan penyedot debu. Hal ini bertujuan agar sisa-sisa serpihan kayu MDF tidak mengotori area mesin CNC. Karena kebersihan area mesin CNC dapat mempengaruhi keawetan mesin CNC. Kebersihan area kerja sangat penting di jaga demi kenyamanan kerja bersama.

Setelah semua proses di lakukan, tahap terakhir yakni menghaluskan matras yang sudah berpola dengan menggunakan amplas. Alat yang di gunakan yakni kertas amplas. Tahap ini bertujuan untuk menghaluskan permukaan kayu MDF agar lebih nyaman pada saat digunakan untuk produksi komponen drainase.

Gimana? Sudah paham kan dengan matras yang mimin maksud?. Selanjutnya mimin ingin menginformasikan untuk sobat logam yang sedang merencanakan proyek drainase baik skala besar maupun kecil, kalian bisa mendapatkan komponen drainase yang sobat logam cari di Deckdraintoll.com. Karena kami menyediakan berbagai jenis komponen pendukung sistem drainase dengan kualitas terbaik. Langsung hubungi kontak dibawah ini untuk informasi lebih lanjut ya guys, See you!

CONTACT

Batur Baru, Tegalrejo, Ceper, Klaten 57465

Telp : (0272) 551 480 Phone : 0813 9300 6025

Email : marketing@deckdraintoll.com

mobile-navHomemobile-navKatalogmobile-navBrosurmobile-navBantuanmobile-navChat